Rabu, 09 Juni 2010

PENTINGNYA KREATIVITAS

Pembelajaran matematika yang diterapkan pada KTSP adalah sebagai kreativitas yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan serta sebagai kegiatan pemecahan masalah yang mendorong siswa untuk berfikir logis, konsisten dan sistematis (Depdiknas, 2006). Dengan demikian kurikulum mengisyaratkan pentingnya kreativitas, aktivitas kreatif dan pemikiran kreatif dalam pembelajaran matematika. Hal ini sejalan dengan pendapat Mulyasa (2005) yang menyatakan bahwa kreativitas anak dirangsang dan dieksplorasi melalui aktivitas tertentu dalam proses pembelajaran.

Oleh karena itu kreativitas siswa perlu mendapat perhatian dalam proses belajar mengajar selain pengetahuan dan keterampilan. Salah satu cara untuk menjembatani hal tersebut adalah mengimplementasikan model struktur intelek dalam pembelajaran. Model struktur intelek ini pada dasarnya merupakan teori intelegensi yang memiliki tiga dimensi, yaitu isi, proses (operasi) dan produk. Struktur intelek ini merupakan operasi mental yang menunjukkan berbagai macam proses pemikiran yang sedang berlangsung. Adapun bentuk operasi mental tersebut adalah kognisi, ingatan, berfikir konvergen, berfikir divergen, dan evaluasi. Munandar (1999) menyatakan dengan menggabung salah satu kategori dari dimensi isi, proses dan produk dapat disusun kegiatan pembelajaran.
,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar